Pembalap asal Inggris Scott Redding mampu menyelesaikan sesi uji coba Valencia dengan jarak 1,6 detik dari pembalap tercepat, Marc Marquez.
Ini adalah bentuk kerja keras Redding dalam adaptasinya dengan tunggangan barunya bersama tim Marc VDS yang menggunakan mesin RC213V pabrikan.
Redding sedang berjuang khususnya dengan memanfaatkan kekuatan penuh dari Honda tetapi ia menyadari di mana masalahnya, solusi dapat ditemukan di sesi uji coba berikutnya di Malaysia pada bulan Februari.
Scout Redding:
Uji coba dalam keadaan basah benar-benar baik, saya sangat senang. Tapi uji coba dengan lintasan kering benar-benar berbeda. Benar-benar kita tidak tahu di mana kita sedang berjuang dan itu masalahnya.
Saya mencoba untuk menemukan orang-orang di trek untuk melihat apa perbedaan itu karena saya merasa cukup baik. Bagian depan bekerja dengan baik, bagian belakang bekerja dengan baik juga.
Tapi sebenarnya kami terlalu rendah di bagian belakang sehingga kami tidak bisa mendapatkan semua tenaga motor tersalur ke bawah dan kami selalu wheelie. Kami harus mengurangi daya, jadi sebenarnya kami kehilangan waktu karena kita tidak bisa menggunakan potensi penuh dari motor.
Saya berharap untuk menjadi sedikit lebih dekat karena saya lebih cepat dengan motor open, sehingga agak menyebalkan sedikit.
Tapi saya mengerti ketika saya mengikuti Dani Pedrosa, karena cara dia keluar tikungan dan cara motor menariknya keluar dari tikungan adalah nyata dan pasti tidak terjadi padaku. Jadi kita memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk uji coba di Malaysia.
Redding juga berusaha untuk meningkatkan perasaannya terhadap motor dan mengatakan bahwa berat badan dan tinnginya menjadi salah satu masalah.
Kami 90 persen nyaman, jok benar-benar baik tapi tangki merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan karena cukup pendek dan tipis, tapi secara keseluruhan hari ini saya mulai merasa lebih baik.
Kita juga perlu membuat beberapa modifikasi pada tangki untuk membuatnya sedikit lebih nyaman bagi saya, tapi selain itu cukup bagus. Saya banyak berbeda dari semua pembalap Honda yang lain sehingga kita harus membuat keseimbangan motor yang sedikit berbeda juga.
Saya rata-rata 10kg lebih berat dan sedikit lebih tinggi sehingga membuat cukup banyak perbedaan karena berat badan saya di motor membuat perbedaan.
Hal positif bagi Redding adalah Gearbox SSG Honda, dimana pembalap muda Inggris itu mengatakan bahwa mesinnya bekerja baik terutama dalam keadaan basah.
Ini benar-benar baik, benar-benar halus. Itu membuat perbedaan besar dalam keadaan basah karena dengan tikungan anda masih dapat menggeser dan menggunakan kekuatan motor, jadi itu titik positifnya.
Kontrol traksi lebih konsisten dan membantu kekuatan untuk menjadi sedikit lebih halus dibandingkan dengan RCV1000R. Ini bukan perbedaan besar, hanya sedikit lebih konsisten mengatur waktu.
Ke depan untuk tes berikutnya di Sepang setelah liburan musim dingin, tepatnya tanggal 04-07 Februari. Redding bertekad untuk menutup defisit gap dari pembalap pabrikan.
Ini adalah ujian pertama kami dan kami masih belajar, tapi tim ini bekerja sama dengan baik dan sekarang saya melihat ke depan untuk tes berikutnya di Malaysia.